Yuk kita menulis

Oleh : Hendrik Ruhiyat*

Menulis itu mudah, sama dengan kita bercerita, bedanya kalau menulis, cerita kita dituangkan kedalam tulisan, dan sepertinya hal tersebut sudah sering kita lakukan setidaknya dengan mengirimkan pesan singkat melalui SMS, chatting, BBM-an dll.

Jangan berpikir tentang apapun, tuangkan saja kedalam tulisan apa yang ada dipikiran kita, goreskanlah atau ketiklah kalimat pertama dalam menulis apapun. Karena buku yang setebal apapun pasti dimulai dengan sebuah kalimat ataupun hurup dan petualangan yang hebat sekalipun pasti diawali dengan sebuah langkah. So just do it!!

Menulis itu laksana air mengalir, tenang, mengikuti arus. Biarkan tulisan kita mengalir, jangan dulu memikirkan tentang kaidah-kaidah penulisan yang akan membuat kita terhambat. Kalaupun ada kesalahan biarlah itu menjadi pelajaran yang berharga untuk kita kelak.

Pada waktu masih kecil kita butuh beberapa kali jatuh untuk bisa berjalan,  seorang peneliti butuh beberapa kegagalan untuk bisa menemukan sesuatu yang hebat. Tapi penulis hanya butuh satu hal untuk sukses yaitu menulis dan hanya menulis.

Menulis tidak butuh bakat, yang dibutuhkan hanya kemauan untuk menuangkan kata-kata yang ada kedalam kertas, banyak sekali penulis terkenal yang bahkan ketika dia menulis sebuah cerita banyak yang tidak sesuai denan kaidah-kaidah penulisan yang benar  tapi hal tersebutlah yang membuat orang penasaran dan terlihat unik. InsyaaAllah

Selamat mencoba dan berkarya

* Penulis adalah Manager Kelas 1A Ali Bin Abi Thalib

Copy of Hendrik Ruhiyat, S.Sos.I

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *